PROPOSAL PENELITIAN MONETISASI API MENGGUNAKAN SEO DAN SEM

image source : akamai.com

Author : Miftah Steven

Dalam dunia digital, kita mengenal adanya teknologi API (Application Programming Interface). Biasanya di perusahaan digital memiliki service API yang secara umum sangat pantas di monetisasi terpisah dari produk yang lain. API ini secara konsep berada di belakang dari service aplikasi atau web. API tidak kalah penting dengan proses yang terjadi di lingkungan front-end sebuah interface Aplikasi atau Web. API Menjembatani proses-proses business internal dengan proses yang terjadi di bagian depan dari aplikasi (interface).

     Bisnis digital mendorong agar perusahaan dapat me-monetisasi produk apapun yang memiliki potensi bisnis berkelanjutan. API salahsatu dari produk yang dapat dipisah, karena service pada API dapat digunakan terpisah oleh aplikasi apapun yang menggunakan service sejenis. Seperti API komunikasi, API Order, API Payment, API logistik dan lainnya. Dengan API yang dapat berjalan pada aplikasi lain, maka industri digital mudah menggunakan yang sudah ada, tinggal mengkastemisasi sesuai dengan interfacenya saja.

Berikut Diagram mengenai API :

Namun masalahnya, Perusahaan digital menganggap pemasaran produk API ini hanya melibatkan potensi Business to Business (B2B) saja. Sedangkan tidak melihat adanya potensi channel commercial (B2C). Menjual API dalam bentuk service bundling package untuk solusi UMKM dan perusahaan kecil bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang saat ini mungkin belum banyak yang melakukan.

     Untuk itu dari tulisan ini saya ingin membuat sebuah ide penelitian bagaimana melakukan sebuah konsep pemasaran produk / service API dari sebuah perusahaan digital melalui channel portal/e-commerce B2C, sehingga perusahaan dapat menjual service API mereka secara langsung di internet. Bagaimana konsep SEO dan SEM dalam bisnis komersial ini. Akan dijelaskan dalam pembahasan.

  1. PEMBAHASAN

     Permasalahan mengenai menjual produk menggunakan web portal atau e-commerce selain diliat dari faktor keamanan juga tidak kalah penting faktor optimalisasi website ke setiap search engine. SEO (Search Engine Optimization) merupakan konsep / metode bagaimana mengoptimalkan website agar website mudah dicrawl di setiap mesin pencarian. Mengenai SEO ini perlu memperhatikan hal salah satunya mengenai hal Teknis pemasangan “tagging” standar pada website, Tag ini penting agar search engine dapat mudah melakukan indexing untuk website, dan website juga dapat mudah di-crawling kontennya oleh search engine. Mesin pencarian seperti google search engine hanya mampu mengindeks website yang memiliki tag standar pada halaman web tersebut. Selain SEO, SEM juga sangat penting dalam melakukan optimalisasi pemasaran web portal e-commerce secara singkat. Penggunaan SEM di search engine membuat web akan mudah dikunjungi karena SEM membuat website selalu berada pada hasil teratas. Meski berbayar, SEM dapat mengoptimalisasi pemasaran di internet. 

     API bukan seperti produk-produk yang dijual di beberapa website e-commerce. Permasalahan apakah API dapat dipasarkan secara organic (SEO) atau secara SEM di internet, keduanya haruslah divalidasi ketingkat user. Penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data. Berupa penyebaran survey kepada para pelaku bisnis Digital. 

  1. H1 : Konsep B2C (E-commerce) berhubungan positif dengan Komersialisasi monetisasi service API

Penelitian diharapkan dapat menemukan apakah konsep komersil dapat dijalankan pada bisnis API. Dikarenakan API selaman ini dikenal hanya melalui B2B saja. Dengan berhubungan positif, maka portal penjualan service API dapat relevan dengan H1 dan H2

  • H2 : Monetisasi API berhubungan positif dengan konsep SEO

Penelitian diharapkan menemukan hubungan positif antara B2C pada monetisasi service API dengan konsep SEO untuk menjual Service API tersebut. Apakah B2C service API membutuhkan SEO untuk pemasaran di internet.

  • H3 : Monetisasi API berhubungan positif dengan konsep SEM

Penelitian diharapkan menemukan hubungan positif antara B2C pada monetisasi service API dengan konsep SEM untuk menjual service API tersebut. Apakah B2C service API membutuhkan SEM untuk pemasaran di internet.

Berikut ini diagram Hipotesis

PENUTUP

     Demikian ide penelitian yang saya ajukan. Berkenaan dengan bisnis API, pada saat ini, perusahaan besar yang memiliki service API seperti gojek, ovo, dan beberapa industri telko, baru menjual service API mereka dengan menggunakan B2B. Dengan melakukan bisnis komersialisasi service API ini, perusahaan yang memiliki service api dapat dengan mudah menjangkau user/perusahaan kecil yang ingin menggunakan service API mereka. Peluang yang ada saat ini adalah penjualan API belum banyak yang menggunakan konsep B2C. 

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Our Facebook Page

Advertisement